Penyakit Kresek Pada Tanaman Padi Pdf

Tanda adanya hama ini di lapang adalah dari ngengat kecil Gb. Selain benih penyakit kresek juga bisa ditularkan melalui air angin dan alat-alat pertanian.

Pin Di Tani Makmur Nusantara

Adapun salah satu pengaruh suhu terhadap tanaman padi ialah kehampaan pada biji Ina 2007.

Penyakit kresek pada tanaman padi pdf. Tanaman padi merupakan komoditas penting di Indonesia karena merupakan makanan pokok di Negara ini. Pada tanaman padi terdapat banyak hama dan penyakit yang menyerang sehingga dapat mengakibatkan penurunan produksi padi tersebut. Patogen ini dapat menginfeksi tanaman padi pada semua fase pertumbuhan tanaman dari mulai persemaian sampai menjelang panen.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. Perkembangan penyakit hawar daun bakterikresek. Penyakit Kresek Pada Tanaman Padi.

Salah satu OPT tersebut adalah. Penyakit kresek termasuk dalam kategori penyakit yang terbawa benih. Hal ini diduga dipengaruhi oleh kelembaban yang tinggi yang mendukung perkembangan penyakit kresek.

Bila serangan terjadi pada awal pertumbuhan tanaman menjadi layu dan mati gejala ini disebut kresek. Di Kapanewon Wates padi ditanam petani secara serentak mulai akhir tahun 2020 dimana curah hujan tergolong cukup untuk pertumbuhan tanaman padiPada budidaya tanaman padi terdapat kendala yang dihadapi petani diantaranya penyakit Hawar Daun Bakteri HDB atau biasa disebut dengan penyakit kresek. Artinya apabila benih tanaman padi berasal dari tanaman yang terinfeksi maka penyakit akan berkembang pada pertanaman selanjutnya.

Adanya tanaman padi yang roboh pada petak sawah dan pada serangan hebat ditengah petak tidak ada tanaman. Penyakit tanaman padi tersebut disebabkan oleh. Pengendalian Penyakit Terpadu pada Kedelai 323 Intensitas serangan penyakit beragam tergantung tingkat kerentanan tanaman patogenisitas patogen dan kondisi lingkungan di lapang.

Baca juga:   Tanaman Tebu Merupakan Bahan Dasar Pembuatan

GEJALA DAN DAMPAK PENYAKIT. Penyakit hawar daun bakteri HDB merupakan salah satu penyakit padi utama di negara-negara penghasil padi termasuk di Indonesia. Penanaman dengan benih dan bibit yang sehat merupakan salah satu upaya terkait pencegahan serta pengendalian penyakit kresek.

Kali ini kita bahas OBAT PENYAKIT KRESEK Hawar Daun Bakteri Pada Tanaman PadiBerlangganan GRATIS video-video kami httpbitly3nheaLNObat penyakit kres. Penyakit kresek pada tanaman padi disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae Patogen ini dapat mengenfeksi tanaman padi pada semua fase pertumbuhan tanaman dari mulai pesemaian sampai menjelang panen. Di sawah yang terinfeksi ini kehilangan hasil panen dapat berkisar antara 6-60.

Gambar 7 Gejala penyakit kresek pada tanaman padi Intensitas serangan kresek pada dua musim tanam umumnya lebih tinggi pada sistem budi daya input rendah Gambar 8 Lampiran 9 dan 10. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. Penyakit bercak daun Cercospora oryzae Penyakit ini menyerang semua stadia pertumbuhan tanaman padi akan tetapi lebih dominan menyerang pada fase generatif pada daun bendera.

Golongan Umur tanaman Kerusakan pada daun yang khas yaitu daun terpotong seperti digunting Gb. Serangan penyakit kresek penyakit hawar daun bakteri pada tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. 2134 Tinggi Tempat Jughun berpendapat hubungan antara tinggi tempat dengan tanaman padi adalah 1 daerah antara 0 – 650 meter dengan suhu 205 0C – 225 0C termasuk 96 dari luas tanah di jawa cocok untuk tanaman padi dan 2 daerah antara 650-.

Umumnya penyebaran penyakit Kresek berasal dari bekas jerami benih padi yang terinfeksi bakteri dan juga gulma di sekitar pertanaman. Gejala yang timbul pada tanaman fase vegetatif disebut kresek dan pada fase generatif disebut hawar. Hal tersebut menyebabkan menurunnya kemampuan tanaman untuk melakukan fotosintesis.

Baca juga:   Usaha Meningkatkan Hasil Pertanian Dengan Memperbanyak Jenis Tanaman Disebut

Bila serangan terjadi pada awal pertumbuhan tanaman menjadi layu dan mati gejala ini disebut kresek. Tanaman padi akan mengalami kerusakan parah apabila terserang oleh hama tikus dan menyebabkan penurunan produksi padi yang cukup besar. Pada tanaman dewasa penyakit hawar daun bakteri menimbulkan gejala hawa blight.

Negara penghasil padi termasuk di Indonesia. Selain benih penyakit kresek juga bisa ditularkan melalui air angin dan alat-alat pertanian. Penyebab penyakit patogen menginfeksi tanaman padi pada bagian.

Fase hama yang merusak adalah fase larva. Penyakit kresek termasuk dalam kategori penyakit yang terbawa benih. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan fungisida dengan baik dan teratur dan juga melakukan penjarangan sebelum penanaman dilakukan.

Gejala kresek sangat mirip dengan gejala sundep yang timbul akibat serangan penggerek batang pada fase tenaman vegetatif. Jika tanaman padi kekurangan beberapa unsur hara maka serangan bisa muncul sejak stadia vegetative. Sedangkan di daerah-daerah pelosok Indonesia masih banyak petani yang belum mengetahui jenis-jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi.

Menyerang batang muda 1-2 bulan dan buah. Berikut ini adalah beberapa cara pengendalian penyakit kresek atau hawar daun yang disebbakan oleh patogen Xanthomonas oryzae pada tanaman padi. Serangan oleh hama ini dapat terjadi pada pembibitan sampai fase anakan.

Secara umum penyakit jamur dan bakteri pada tanaman kedelai lebih mudah berkembang dalam udara yang hangat dan lembab. Penyebab penyakit patogen menginfeksi tanaman padi pada bagian daun melalui luka daun atau lobang alami berupa stomata dan merusak klorofil daun. Penyakit tungro Tanaman padi yang terserang penyakit ini akan mengalami pembusukan pada bunga tanaman padi dan juga membuat tanaman tidak berbunga.

Baca juga:   Cara Menghilangkan Hama Semut Pada Tanaman

Penanaman dengan Benih yang Sehat. Artinya apabila benih tanaman padi berasal dari tanaman yang terinfeksi maka penyakit akan berkembang pada pertanaman selanjutnya. Dalam membudidayakannya kerap kali OPT menjadi kendala dalam mencapai target produksi.

Patogen ini menginfeksi daun padi pada semua fase pertumbuhan tanaman mulai dari pesemaian sampai menjelang panen. Penyakit kresek penyakit hawar daun bakteri adalah penyakit padi yang penting dan umum ditemukan di Kecamatan Adipala di lahan beririgasi dan sawah tadah hujan.